Tuesday, July 3, 2012

Transfer Pemain Chelsea (Part 2)

Hola! ini adalah postingan lanjutan dari Transper Pemain Chelsea (part 1). Kali ini, postingan berisi sejumlah nama yang dikaitkan akan bergabung dengan Chelsea. Pemain-pemain ini belumlah bergabung secara resmi dan tidak dapat dipastikan apakah pihak Stamford Bridge sudah mengajukan tawaran resmi atau belum. Namun beberapa kali nama-nama ini muncul di sejumlah media dan dikaitkan dengan Chelsea. Tidak jarang juga pemain ini telah memberikan tanggapan dan komentar mengenai peluangnya bergabung dengan Chelsea.

Namun tentu saja tidak semua rumor transfer pemain akan saya post disini mengingat ada pula rumor-rumor yang tidak masuk akal dan tidak berdasar untuk menjadi kenyataan. Sebut saja nama seperti Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi yang dikabarkan ingin dibeli Roman Abramovich. Namun rumor tersebut (meskipun ada kemungkinan bahwa Roman menginginkan mereka) tetap saja akan sulit menjadi kenyataan setidaknya untuk tahun ini.

Postingan kali ini tidak hanya menginformasikan nama dan data saja, tetapi juga memberikan opini berdasarkan fakta dan statistik hasil pemantauan. Bisa dibilang opini yang ada disini memang pendapat pribadi namun setidaknya dapat memberikan pandangan bagaimana kira-kira kualitas, peluang, dan dampak yang akan diberikan pemain-pemain ini apabila pada akhirnya salah satu atau sebagian dari mereka memutuskan untuk bergabung dengan Chelsea. So here they are sorted from their position:

1) FORWARD

Dengan kepergian Didier Drogba dan Salomon Kalou serta masih kurangnya ketajaman Fernando Torres & Romelu Lukaku musim lalu, lini depan Chelsea agak sedikit perlu perbaikan. Oleh karena itu, posisi lini depan Chelsea memang memerlukan sejumlah nama besar yang diharapkan mampu menjadi lumbung gol bagi The Blues. And  here is the name...

Nama : Hulk 
Usia : 25 
Klub: FC Porto
Harga : £40jt

Pemain Brazil ini sudah diincar Chelsea sejak era Andre Villas-Boas. Dia sangat kuat, cepat, dan mampu menendang bola ke gawang dengan keras dari jarak jauh. Kemampuannya bermain sebagai striker murni maupun striker sayap membuatnya diharapkan dapat mengisi kekosongan yang ditinggalkan Didier Drogba. Sebagaimana pemain Brazil lainnya, ia pun mampu melakukan dribble dengan baik dan bermain dengan indah. Namun sayang, meskipun ia telah menyatakan tertarik untuk bergabung dengan Chelsea, banderol yang dipasang FC Porto terlalu tinggi. Saya mengharapkan sekali dia bergabung dengan Chelsea, namun pada kisaran harga dibawah £35m.

Nama : Edinson Cavani
Usia : 25
Klub : Napoli
Harga : £30jt
Predator kotak penalty asal Uruguay ini merupakan tipe striker yang mampu berduel fisik maupun teknik dengan para defender lawan. Ia diisukan menarik perhatian banyak klub Inggris namun pihak Napoli enggan menjualnya setelah melepas Ezequiel Lavezzi ke PSG. Cavani sendiripun masih menyatakan kalau ia betah bermain untuk Napoli sehingga transfernya ke Chelsea masih sulit direalisasikan.

Nama : Demba Ba
Usia : 27
Harga : £7jt
Ba bukanlah striker kelas dunia semacam Didier Drogba. Namun performanya musim lalu patut menjadi perhatian. Meskipun datang ke Newcastle dengan status free transfer, ia mampu mencetak 16 gol di liga walaupun sayang, performanya meredup di paruh kedua musim sejak kedatangan Papis Cisse. Dengan banderol hanya £7jt dan berada pada usia emas, Demba Ba akan menjadi pemain yang bagus untuk menjadi pelapis atau pesaing Fernando Torres. Sehingga saya bisa mengatakan bahwa saya tertarik untuk melihatnya berseragam Chelsea, dengan syarat Romelu Lukaku dipinjamkan ke klub lain.

Nama : Radamel Falcao
Usia : 26
Klub : Atletico Madrid
Harga : £50jt
Falcao adalah striker yang setipe dengan Edinson Cavani. Ia mencetak gol tanpa beban dan sangat atletis dalam mencari ruang untuk menerima bola dan mencetak gol. Namun karena ia masih memiliki sisa kontrak 4 tahun lagi bersama Atletico Madrid, ia akan sulit untuk didatangkan karena harganya sangat tinggi. Pihak Atletico pernah menyatakan bahwa akan sulit mengikat Falcao apabila Atletico tidak lolos ke Liga Champions. Namun Falcao sendiri menepis rumor kepindahannya dengan menyatakan bahwa ia bahagia bermain di Atletico Madrid. 

Nama : Gonzalo Higuain
Usia : 25
Harga : £35jt
Gonzalo Higuain adalah pemain yang dikabarkan menarik perhatian Roman Abramovich sejak lama. Sejak Mourinho menangani Real Madrid, posisinya sebagai striker utama agak tergeser dengan kembalinya Karim Benzema ke performa terbaiknya. Namun Higuain bukan berarti meredup sebagai striker. Ia masih mampu mencetak gol diatas 20 angka pada musim lalu. Peluangnya ke Chelsea cukup kecil karena Real Madrid hanya memiliki 2 striker kelas dunia pada Higuain dan Benzema, serta Jose Mourinho sendiri menyatakan kalau ia tidak ingin menjual Higuain.

Nama : Stevan Jovetic
Usia : 22
Klub : Fiorentina
Harga : £25jt

Tidak banyak yang mengenal pemain kelahiran Montenegro ini. Selain memang performa Fiorentina cukup mengecewakan musim lalu, pada musim sebelumnya Jovetic lebih sering bertarung dengan cedera sehingga ia dianggap telah kehilangan performa terbaiknya. Namun keraguan tersebut dijawab Jovetic dengan kemampuannya tampil impresif pada musim lalu. Jovetic adalah tipe pemain yang dapat bermain sebagai striker murni, trequartista, hingga pemain sayap. Saya sangat menyukai kualitas dari Jovetic karena selain mampu bermain dengan visi yang baik seperti Trequartista lainnya, ia juga mempunyai naluri mencetak gol yang cukup tinggi, serta mampu melakukan dribble dengan cepat sebagaimana winger kelas dunia lainnya. Ia merupakan salah satu pemain yang sangat saya harapkan mau bergabung dengan Chelsea dan saya rasa harga £20jt untuk Jovetic adalah harga yang masuk akal.

Nama : Theo Walcott
Usia : 23
Klub : Arsenal
Harga : £15jt
Theo Walcott sudah tidak asing lagi bagi publik sepakbola Inggris. Ia memiliki kecepatan tinggi walaupun kerap bermain inkonsisten. Meskipun menyukai bermain sebagai striker, Arsene Wenger lebih senang memainkannya di posisi sayap kanan. Dalam beberapa tahun terakhir, ia menunjukkan kapasitasnya dengan mampu bermain lebih efektif sebagai sayap kanan yang membuatnya dilirik Chelsea untuk mengisi posisi tersebut. Namun sayangnya, gaji yang diminta Walcott terlalu tingi yaitu pada kisaran £100 ribu per pekan, yang mengakibatkan perpanjangan kontraknya mengalami kebuntuan di Arsenal.


 

Nama : Salomon Rondon
Usia : 22
Klub : Malaga
Harga : £25jt
Salomon Rondon merupakan pemain yang cukup mencolok penampilannya bersama Santi Cazorla di Malaga. Ia mampu bermain sebagai penyerang maupun gelandang serang. Rondon juga masih muda dan diperkirakan mampu berkembang lebih baik lagi dalam beberapa tahun ke depan. Akan tetapi, Malaga yang saat ini telah didukung kekuatan finansial konsorsium Timur Tengah tidak akan melepas pemain terbaiknya dan siap menawarkan kontrak kepada Rondon dengan harga yang lebih tinggi.

Nama : Andre Schurrle
Usia : 21
Klub : Bayer Leverkusen
Harga : £15jt
Schurrle adalah tipikal pemain yang sangat identik dengan pemain Jerman pada era 80-90an. Ia mempunyai postur yang tinggi, fisik yang kuat, serta tendangan jarak jauh yang keras dan akurat. Ia pun sudah dipanggil oleh Joachim Low untuk memperkuat timnas Jerman pada gelaran Euro 2012. Hasilnya tidak buruk, namun tidak juga mengesankan. Schurrle memiliki potensi untuk menjadi pemain yang hebat namun untuk saat ini, ia tidak jauh berbeda dengan Daniel Sturridge yang agak 'egois'. Untuk jangka panjang ia adalah pemain yang menjanjikan, namun untuk jangka pendek ia bukanlah pemain yang dibutuhkan Chelsea dengan catatan Sturridge tidak hengkang dari Chelsea.


Nama : Victor Moses
Usia : 21
Klub : Wigan Athletic
Harga : £4m 
No offense, Victor Moses adalah tipe pemain yang sangat saya tidak ingin lihat berseragam Chelsea dalam 3-5 tahun kedepan. Bukan faktor muka atau apa, tapi gaya bermainnya sangat egois melebihi Sturridge ketika sedang bermain tanpa ada niat mengoper bola namun juga tidak mampu melakukan shoot dengan baik. Ketika Chelsea mengajukan penawaran kepada Moses dengan harga £4jt, Wigan menolak dan mematok harga £12jt. Sungguh menurut saya ini adalah preseden berlebihan. Victor Moses memang pemain yang cepat dan mampu melakukan dribble dengan baik. Ia juga masih mempunyai potensi untuk dikembangkan. Namun perlu diingat bahwa ia hanya terlihat solid pada sepertiga paruh musim terakhir. Dengan kata lain, ia bermain inkonsisten pada dua pertiga paruh musim awal. Banderol yang dipasang Wigan sebesar £12jt juga sangat mahal untuk pemain selevel Moses. Saya sangat tidak ingin melihat dia berseragam Chelsea dan lebih memilih melihat Lucas Piazon atau Gael Kakuta menembus tim inti. Kalaupun memang Chelsea serius membelinya, saya harap harganya tidak lebih dari £3jt.

2) MIDFIELDER
Dengan bertambahnya usia Frank Lampard dan menurunnya performa Michael Essien dalam beberapa tahun terakhir, praktis Chelsea membutuhkan tenaga tambahan di lini tengah. Kedatangan Raul Meireles nampaknya belum dianggap memuaskan sehingga Chelsea kembali dikaitkan dengan sejumlah nama untuk posisi gelandang. Berikut nama-nama pemain tersebut:

Nama : Luka Modric
Usia : 26
Klub : Tottenham Hotspurs
Harga : £40jt 
Pemain ini dikaitkan dengan Chelsea sejak awal musim lalu. Bahkan pada menit akhir jendela transfer, Chelsea dikabarkan telah mengajukan penawaran sebesar £40jt namun masih ditolak oleh pihak Tottenham. Namun dengan keinginan kuat Modric untuk hengkang dari Tottenham dan ketidakikutsertaan Tottenham di liga Champions, keinginan Modric untuk bergabung dengan klub besar akan terwujud. Walaupun memang dikabarkan Madrid, City, dan United tertarik untuk memboyongnya. Modric bukanlah pemain yang dibutuhkan oleh Chelsea mengingat solid-nya penampilan Lampard-Mikel-Ramires pada posisi gelandang serta adanya Mata-Marin-Hazard untuk sektor gelandang serang. Namun begitu, suka atau tidak, kedatangan Modric akan menambah variasi kekuatan Chelsea di lini tengah dan akan memberikan gaya bermain yang berbeda dari Chelsea selama ini. Saya ingin melihat Modric berseragam Chelsea dan ia patut dihargai £30jt, bukan £40jt.

Nama : Yohann Cabaye
Usia : 26
Klub : Newcastle United
Harga : £14m 

Cabaye merupakan punggawa timnas Perancis di lini tengah saat ini dan merupakan salah satu motor lini tengah LOSC Lille ketika mereka menjuarai Ligue 1. Ironisnya, ia malah bergabung dengan Newcastle dengan harga murah tanpa menarik perhatian klub besar. Padahal, ia merupakan pemain tengah yang bisa menyerang dan bertahan dengan sama baiknya. Bukti dari kehebatannya adalah ia sukses mengantar Newcastle tampil mengejutkan musim lalu. Hal ini tak luput menarik perhatian dari berbagai klub besar seperti Chelsea dan MU untuk menggunakan jasanya, apabila mereka gagal mengakuisisi Modric.

Nama : Joao Moutinho
Usia : 25
Klub : FC Porto
Harga : £32m
Moutinho adalah sosok pemain tengah yang mobile dan agak mirip dengan Paul Scholes dari segi visi permainan dengan dan tanpa bola (kecuali sundulannya, long shoot-nya, dan tekel bodohnya). Tidak hanya di Euro 2012, tetapi di FC Porto pun ia sukses menunjukkan karakternya sebagai gelandang yang dinamis, elegan, dan efektif. Namun dikarenakan ia sedang berada pada puncak karir, lagi-lagi FC Porto mematok harga yang tinggi bagi klub manapun yang hendak membelinya. 

Nama : Moussa Dembele
Usia : 24
Klub : Fulham
Harga : £10jt
Dengan hanya menyisakan 1 tahun di kontraknya, Moussa Dembele diprediksikan akan dilepas oleh Fulham dengan harga yang tidak begitu tinggi demi menghindari kepergiannya pada musim depan dalam status free transfer. Oleh karena itu, pihak Chelsea dikabarkan tertarik untuk membelinya dan membuat kubu Stamford Bridge semakin dipenuhi oleh legiun Belgia. Pada dasarnya, Dembele adalah seorang striker dan bukan merupakan gelandang tengah sehingga bisa dibilang ia beradaptasi dengan cepat dan impresif bersama Fulham musim lalu. Meskipun tidak se-mencolok Clint Dempsey, harus diakui Moussa Dembele akan menyita perhatian publik pada tahun-tahun berikutnya sebagai jenderal lini tengah. 

Nama : Marouane Fellaini 
Usia : 24
Klub : Everton
Harga : £20jt
Tidak diragukan lagi bahwa pemain dengan tinggi 194 cm ini sangat cocok dengan kultur Liga Inggris yang keras dan sering mengandalkan duel udara. Fellaini juga mampu bermain sebagai towering striker yang kerap menyulitkan bek selevel Nemanja Vidic sekalipun. Ia juga mampu menyerang dan bertahan dengan sama baiknya. Namun, untuk ukuran gelandang tengah, ia bukanlah sosok yang dibutuhkan Chelsea karena karakter box-to-box Fellaini, yang juga dimiliki oleh Lampard, membutuhkan lebih dari sekedar tenaga tetapi kemampuan passing yang brilian. Fellaini memang mampu mengontrol bola dengan baik namun ia bukan gelandang yang suka menyuplai pemain lain sebagaimana gelandang tengah pada umumnya.

Nama : Milos Krasic
Usia : 27
Klub : Juventus
Harga : £10jt
Winger Serbia ini menghabiskan musim lalu di Juventus sebagai penghangat bangku cadangan setelah menjalani musim yang brilian pada debutnya. Ia memiliki karakteristik winger konservatif yang mampu berlari dan dribel dan sisi lapangan dengan baik. Ia juga mampu melakukan crossing dan mencetak gol dengan sama baiknya. Namun gaya permainan Krasic cenderung monoton dan kerap tidak membantu kawannya dalam keadaan diserang. Terlebih lagi, masa vakum-nya di Juventus dikhawatirkan membuatnya memerlukan waktu untuk menemukan kembali ritme permainannya sehingga saya mengatakan bahwa Chelsea tidak membutuhkan pemain ini.

Nama : Lucas Moura
Usia : 19
Klub : Sao Paulo
Harga : £40jt
Ketika terdengar rumor bahwa penawaran Chelsea sebesar £38jt untuk memboyong Lucas Moura ditolak oleh Sao Paulo, saya merasa bahagia. Jujur saja Lucas Moura bukanlah tipe pemain dengan harga yang begitu tinggi mengingat ia masih sangat muda dan belum merumput di kerasnya liga Eropa. Selain itu, performanya pada Copa Libertadores dan timnas Brazil tidak terlalu mengesankan dan spesial. Ia hanya seorang pemuda Brazil yang mampu bermain indah dan berposisi sebagai playmaker namun efektifitasnya sebagai Playmaker masih kurang mengesankan. Saya akui memang saya tidak mengikuti Liga Brazil secara reguler, tetapi bukankah memang mayoritas penduduk non Brazil juga demikian? Ia masih berada pada level di bawah Neymar dan Ganso untuk ukuran pemain muda Brazil. Orang-orang yang menginginkan Chelsea membeli dia mungkin terlalu banyak menonton cuplikan skillnya di YouTube atau main Football Manager, FIFA12, dan game lainnya. Sungguh berdasarkan hasil pantauan saya, ia bahkan belum layak dihargai £25jt. Jujur saja, gaya mainnya tidak jauh berbeda dengan Phillipe Coutinho di Inter Milan: berteknik tinggi namun kurang efektif.

Nama : Cheikh Tiote
Usia : 25
Klub : Newcastle
Harga : £20jt
Semenjak kepergian Claude Makelele dan menurunnya performa Michael Essien, Chelsea kehilangan sosok "tukang jagal" yang mampu mengacak-acak serangan lawan serta menjadi penghubung antara lini belakang dan lini tengah. Ya, itulah mengapa Chelsea dikabarkan mengincar pemain asal Pantai Gading ini. Tiote sangat kuat dalam bertahan dan tidak ragu dalam melakukan duel dan tekel keras. Tentu saja ia akan menjadi prospek yang cukup baik bagi Chelsea untuk memperkuat lini pertahanan, dengan catatan Michael Essien pergi. Walaupun saya lebih ingin melihat Mikel atau Romeu mengisi posisi gelandang bertahan, saya akui Cheikh Tiote akan menjadi pembelian yang cukup berguna pada sektor tersebut.

Nama : Willian
Usia : 23
Klub : Shakhtar Donetsk
Harga : £30jt
Pemain yang satu ini tanpa segan mengungkapkan hasratnya untuk bergabung bersama Chelsea dan bermain bersama David Luiz dan Ramires. Meskipun begitu, saya tidak terlalu menyukai gaya pemain yang satu ini apabila saya sedang melakukan streaming mengamati Shakhtar Donetsk (nonton bukan karena judi, tapi karena memang ingin melakukan scouting Willian, Douglas Costa, dan Darijo Srna). Memang ia memiliki skill ala Brazilian, tetapi gaya mainnya lebih mirip ke Florent Malouda yaitu senang berada di box dan mencetak gol ketimbang menyuplai rekan setim untuk mencetak gol. Namun begitu, ia tidak seperti Florent Malouda yang cukup rutin mencetak gol (kadang) tetapi lebih sering berlama-lama di kotak penalty sehingga pertolongan defense segera berdatangan. Saya tidak terlalu menginginkan Willian berseragam The Blues karena menurut saya ia bukanlah team player seperti Juan Mata.

3) DEFENDER
Dengan perginya Jose Bosingwa dan semakin menuanya Paulo Ferreira, Chelsea hanya memiliki Branislav Ivanovic yang mampu bermain sebagai bek sayap kanan. Hal ini mengakibatkan Chelsea dikaitkan dengan sejumlah nama untuk mengisi pos bek kanan antara lain:

Nama : Danny Simpson
Usia : 25
Klub : Newcastle United
Harga : £5jt
Danny Simpson adalah binaan akademi Manchester United yang dibuang dan mampu menjadi pilihan utama di sektor bek kanan Newcastle mengalahkan Ryan Taylor, Jonas Gutierrez, hingga Davide Santon. Memang nama-nama tersebut bukanlah nama pemain kelas dunia namun Simpson mampu menunjukkan permainan konsisten selama memperkuat Newcastle. Ia bermain bagus ketika menyerang dan memberikan crossing serta disiplin dalam bertahan. Simpson bukanlah pemain spesial namun ia bisa memberikan opsi yang berbeda dari Branislav Ivanovic yang lebih defensif. Harga yang dibanderolpun terbilang cukup murah mengingat ia hanya menyisakan kontrak 1 tahun lagi bersama Newcastle.

Nama : Alvaro Pereira
Usia : 26
Klub : FC Porto
Harga : £26jt
Nyaris saja tahun lalu kita membeli pemain ini, namun untung saja pihak FC Porto berkeberatan untuk menjual dengan harga rendah. Padahal Chelsea telah mengajukan proposal penawaran sebesar £26jt di awal musim lalu, namun pihak Porto hanya mau menjual pada kisaran £30jt. Sungguh berlebihan. Setelah pemain ini merengek-rengek pada media bahwa ia ingin bermain di Chelsea, ketika jendela transfer ditutup ia malah menandatangani kontrak barunya bersama FC Porto. Tindakan yang aneh dan saya tidak menginginkan dia bergabung dengan Chelsea pada harga berapapun. Saya lebih memilih melihat Ryan Bertrand dan Patrick Van Aanholt sebagai pelapis Ashley Cole.

Nama : Mathieu Debuchy
Usia : 26
Klub : LOSC Lille
Harga : £6jt
Cepat dan tidak kenal lelah. Itulah Mathieu Debuchy, pemain yang telah memperkuat LOSC Lille sejak usia 7 tahun dan telah merasakan bermain di seluruh posisi selain kiper. Penampilan Debuchy bersama timnas Perancis di Euro 2012 sangat mengesankan dan saya sangat tertarik melihatnya berseragam Chelsea apalagi dengan banderol £6jt saja. Dengan harga tersebut, Chelsea akan mendapatkan tambahan kecepatan pada sektor kanan serta pemain backup yang baik apabila ada gelandang tengah yang cedera, karena Debuchy adalah pemain yang serba bisa. Perlu diingat juga bahwa ia merupakan salah satu pemain inti LOSC Lille ketika mereka menjuarai Ligue 1.

Nama : Lukasz Piszczek
Usia : 27
Klub : Borussia Dortmund
Harga : £20jt
Kuat, solid, dan disiplin. Itulah Lukasz Piszczek. Bek asal Polandia ini bermain apik bersama Borussia Dortmund dalam beberapa musim terakhir mematahkan dominasi Bayern Munich yang bertabur pemain bintang. Sayangnya, pada Euro 2012 ia tidak dapat menunjukkan performa terbaiknya. Meskipun ia adalah pemain yang mengesankan, saya tidak mengharapkan ia bergabung dengan Chelsea. Bukan hanya karena faktor harga tetapi juga daya gedor pemain ini tidak begitu dinamis. Ia memang bermain dengan efektif, namun jangan mengharapkan ia mampu melakukan penetrasi-penetrasi seperti yang kerap dilakukan Ashley Cole, Phillip Lahm, Dani Alves, dan Jordi alba. Ia tidak jauh berbeda dengan Branislav Ivanovic sehingga saya merasa ia tidak akan memberikan opsi yang berbeda dengan Chelsea dalam 2 tahun terakhir.

Nama : Douglas Maicon
Usia : 30
Klub : Inter Milan
Harga : £7jt
Suka atau tidak, kabar kedatangan Maicon ke Chelsea sudah semakin terdengar di sejumlah media publik. Maicon memang pemain hebat pada masanya dan mampu menggusur Javier Zanetti untuk pos bek kanan di Inter. Namun perlu diingat, Gareth Bale "menghabisinya" 2 musim lalu pada Liga Champions. Dengan kata lain, Maicon kurang cocok dengan kultur Liga Inggris yang mengandalkan kecepatan, atau juga memang Maicon telah melalui masa keemasannya sebagai seorang atlet terlebih lagi tahun ini ia akan menginjak usia 31 tahun. Entah apa yang menjadi dasar pembelian Maicon bagi Chelsea. Namun apabila melihat sisi historis transfer Chelsea, hal yang serupa pernah terjadi ketika Chelsea membeli Juliano Belletti dari Barcelona, ketika Barcelona membeli Dani Alves yang jauh lebih baik. Sesungguhnya saya tidak menyukai kedatangan Maicon dan lebih memilih Debuchy untuk mengisi posisi bek kanan.

Too long? hahahaha jangan khawatir, masih ada Part 3 dari sesi Transfer Pemain Chelsea yang berisikan pemain yang digosipkan akan keluar dari Chelsea. Silakan menunggu dan berandai-andai semoga pemain yang terbaik-lah yang bergabung ke Stamford Bridge dan pemain yang performanya menurun yang dilego ke klub lain.

Up The Chels!

1 comment:

  1. dari sejumlah nama diatas,ANE lebih suka liat cabaye atau debuchi masuk chelsea

    ReplyDelete